Senin, 12 Maret 2018

Tugas 1 E-Commerce - Filosofi Kisah Embro & Pipo





Dari kisah Embro dan Pipo dapat diambil pesan bahwa dalam bekerja kita harus memikirkan dampak dimasa depan. Kisah Embro dan Pipo tersebut menggambarkan kehidupan kita, pekerjaan yang dilakukan mereka melambangkan kebanyakan yang dilakukan orang dalam mendapatkan keberhasilan dan meraih tujuan. Dan ketika kita mulai merasa bahwa pekerjaan tersebut tidak mampu mencukupi biaya hidup kita, maka kita berupaya mencari yang baru dan lebih baik, seperti kita berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain demi mendapat gaji yg lebih besar, atau terkadang kita menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan kerja sambilan.
            Tokoh Embro dalam kisah tersebut mendapatkan penghasilannya dengan cara menggunakan ember. Ia harus pulang pergi mengisi embernya dari mata air di pegunungan dan membawanya ketempat penampungan di Desa untuk di tukarnya dengan Uang untuk meningkatkan Penghasilan yang dilakukan oleh Embro adalah memperbesar ukuran ember dan lebih rajin pergi ke mata air. Embro bekerja keras tiap hari siang dan malam, dengan kerja kerasnya ini Embro dapat membeli sapi dan rumah seperti yang ia impikan. Namun semakin hari tenaga Embro semakin melemah dan dia tidak dapat membawa air dengan volume seperti awal mula dia bekerja. Disini kita tau bahwa kita punya batasan, kita hanya punya 24 jam sehari dan tenaga serta kesehatan yang semakin berkurang dengan berjalannya usia.
Tokoh Pipo dalam kisah tersebut menggambarkan sebuah pemikiran atau gagasan yang baru, Secara bijaksana Pipo tidak menukarkan seluruh waktunya hanya untuk menghasilkan Penghasilan yang terbatas. Ia tetap bekerja membawa ember dan menggunakan sebagian waktu yang dimilikinya untuk membangun saluran pipa yang akan membawa air dari mata air ke desa dengan sendirinya. Banyak orang tidak yakin dan tertawa kepada pemikiran dan usaha Pipo. Walaupun begitu Pipo tidak menyerah dan terus bekerja keras meraih impiannya, karena ia tahu bahwa pipa tersebut akan berguna dan memberi banyak manfaat kepada masyarakat sekitar. Sehingga dia hanya perlu bekerja keras sekali saja untuk membangun saluran pipa. Setelah saluran pipa selesai maka Penghasilan akan terus mengalir bagi Pipo hingga Ia tua nanti.


Dari
Ni Komang Tri Agustina
15110111059
Prodi Manajemen
Universitas Dhyana Pura


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 11 E-Commerce - Isi Utama Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)

Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik  atau  Undang Undang nomor 11 tahun 2008  atau  UU ITE  adalah Undang-undang yang me...