Senin, 16 April 2018

Tugas 6 E-Commerce - Analisa SWOT Situs E-Commerce (Lazada, Tokopedia, Elevenia, Bukalapak dan Blibli.Com)




LAZADA


Analisa SWOT tentang lazada sendiri adalah sebagai berikut:

Strenght / Kelebihan

  • Beraneka Ragam Produk Tersedia
    Di Lazada.co.id, barang yang di jual sangat beraneka macam, mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain
  • Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
    Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 10% sampai dengan diatas 30%.
  • Website yang user friendly
    Website di Lazada.co.id memiliki tampilan yang user friendly, navigasinya sangat mudah dan tampilannya pun menarik sehingga orang yang awampun bias menggunakannya dengan muda
  • Bebas Ongkos Kirim
    Lazada memberika kebijakan untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika JABODETABEK dan pembelian diatas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Lalu jika diluar JABODETABEK ada yang masuk dalam wilayah 2 dan 3. Jika masuk wilayah 2, pengirimiman akan gratis jika pembelian diatas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6kg. Dan yang masuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.
  • COD (Cash On Delivery)
    Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta saja.
  • Pengiriman Barang Cepat
    Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima.
  • Jangkauan global
  • Pengurangan biaya operasi
  • Perbaikan rantai pasokan
  • Kecepatan menjangkau pasar
  • Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
  • Efisiensi pengadaan produk 
  • Meningkatkan hubungan dengan konsume
  • Informasi yang up-to-date
  • Tidak harus membayar pajak/biaya usaha fisik
  • Sistem Pembayaran yang memberi kemudahan
  • Berjalan Otomatis
  • Biaya Promosi Kecil
  •  Berbasis data dan email sehingga lebih terorganisir

Weakness / Kelemahan
Karena mudah dijalankan, maka menjadi sangat mudah bagi siapa saja untuk melakukan dan bersaing dengan cara promosi iklan produk dan jasa yang serupa, sehingga menimbulkan Kompetisi yang tinggi. Selain itu ada beberapa kelemahan lain, diantaranya : 

  • Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
  • Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
    Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya. Transaksi antara pembeli dan penjual dilakukan secara cepat, mudah dan murah. 
  • Sangat rawan terjadi penipuan 
  • Kadang barang tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan / beda dengan yang ditampilka
  • Kepercayaan dan resiko
  • Budaya masyarakat yang masih cenderung memilih pasar konvensional
  • Akses Internet yang lambat
  • Permasalahan hukum/legalitas
  • Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
  • Ukuran/ Size yang tak sama ( pakaian )
  • Tidak bisa Memegang & Mencoba produk
  • Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet

Opportunities / Peluang
         Bisnis online ini memiliki peluang yang sangat bagus.karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja dimana saja dan kapan saja.Apalagi bagi orang-orang yang tidak ingin banyak meniggalkan keluarganya hanya untuk bekerja diluar rumah.adapun yang lainnya adalah :
1.      Menjadi top website yang sering dikunjungi oleh penduduk Indonesia.
2.      Visitor atau pengunjung dari lazada adalah para pelanggan setia, rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung untuk mengunjungi website ini adalah sekitar 7 menit, sungguh SEO (Search Engine Optimization) yang cukup tinggi, bahkan bukan tidak mungkin lazada akan sekuat amazon.
3.      Bisa diakses dimana saja –kapan saja
4.      Kesempatan berpartisipasi
5.      Tidak dikenai pajak penjualan

Threats / Ancaman

  • Semakin banyak muncul pesaing yang menyediakan layanan yang sama
  • Munculnya penipuan
  • Dikhawatirkan adanya pembuatan website palsu
  • Persaingan harga, kualitas, persaingan secara global
  • Tidak adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce terbebas dari upaya perusakan/pemanipulasian data dan tentu akan berdampak pada berkembangnya aktivitas ekonomi.





TOKOPEDIA






Analisa SWOT tentang tokopedia sendiri adalah sebagai berikut:

Strength (kekuatan)
1.      Kelebihan pertama yang dimiliki Tokopedia adalah penampilannya yang ringan dan segar.
2.      Selain itu, situs ini juga bersifat gratis dan tidak berbayar.
3.      Loading site terhitung ringan, khususnya pada halaman-halaman toko dan produk.
4.      Bagian daftar produk sangat jelas, kategori yang bervariasi, serta adanya fitur harga grosir.
5.    Adanya fitur pre-order untuk produk yang harus di import, karena proses ini biasanya akan memakan waktu yang lebih lama.
6.  Adanya fitur estimasi total yang harus dibayar buyer, seperti total harga produk (berlaku kelipatan) dan estimasi ongkos kirim hingga jasa ekspedisi yang tersedia.
7.    Transfer dana yang relative cepat dengan rata-rata 2 hingga 3 jam, dan maksimum mencapai waktu 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
8.  Waktu proses pesanan memiliki waktu yang lebih leluasa, yakni berkisar 5 hingga 7 hari semenjak invoice masuk.
9.      Keamanan cukup baik karena adanya penggunaan kode OTP.
10. Memiliki blog yang berisikan beragam tips dan juga informasi yang bermanfaat untuk penjualan dan optimal toko online milik kita.

Weakness (kelemahan)
1.      Website dan aplikasi Tokopedia kerap mengalami eror.
2.      Terlalu sering maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa kesal.
3.   Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam-macam.
4.      Tidak adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.
5.     Sering terjadi perang harga, membandrol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan kisaran harga yang relative tinggi.
6.    Peluang barang lebih banyak lalu pada member Gold Marchant masih tidak optimal. Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa.
7.     Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara optimal berkurang.
8.     Tidak memiliki fitur diskon yang terbatas waktu

Peluang
Biasanya jual beli online itu biasanya memakai bahasa inggris sedangkan masyarakat Indonesia sendiri tidak semua bisa berbahasa inggris, Kesempatan itulah yg diambil karena tokopedia sendiri  memakai bahasa indonesia yang artinya memudahkan  masyarakat indonesia sendiri untuk jual beli online.

Threat (ancaman)

  1. Ancaman dari situs web penyedia iklan gratis yg lain.
  2. Ancaman dari hacker.



ELEVENIA





Analisa SWOT tentang elevenia sendiri adalah sebagai berikut:

Kelebihan / Strengths

  • Pilihan Produk melimpah, dan karena banyaknya seller kita bisa mudah mengkomparasi harga sebelum benar benar membeli suatu produk.
  • Banyak Promo dan Voucher Diskon ( baik voucer Diskon Produk atau Pengiriman ). Cukup membantu sekali karena bisa mendapatkan barang yang lebih murah dibanding harga normal atau dibandingkan dengan e-commerce lain
  • Layanan Handling Problem yang sigap.

Kekurangan / Weaknesses:

  • Voucher Diskon yang valuenya cukup kecil ( jika dibandingkan dengan e-commerce lain ). Misalnya, potongan 20 ribu tiap belanja minimal 400 ribu, potongan 5 persen untuk belanja minimal 1 juta.
  • Tidak ada tenggat waktu pengiriman barang oleh Seller. Dalam hal ini Seller bisa sesukanya mengirimkan barang ke Konsumen sedangkan Konsumen hanya bisa harap harap cemas apakah barangnya akan dikirim Seller atau tidak.
  • Seller dengan rekomendasi level pelayanan terbaik belum tentu sesuai.  
Peluang / Opportunities
  • Bisa diakses dimana saja –kapan saja
  • Lebih banyak pilihan produk dan jasa
  • Harga lebih murah
  • Pengiriman/pe-nyampaian segera
  • Ketersediaan informasi
  • Kesempatan berpartisipasi
  • Wahana komunitas elektronik
  • Personalisasi
  • Tidak dikenai pajak penjualan

Ancaman / Threats
  • Saat pemesanan tiba-tiba barang yang dipesan sudah habis stok
  • Banyak pembeli yang belum melakukan pembayaran sampai batas jatuh tempo pembayaran
  • Harga tidak stabil
  • Aplikasi mobile atau website bisa terjadi error


BUKALAPAK




Analisa SWOT tentang bukalapak sendiri adalah sebagai berikut:

1. Kekuatan/Strengh
  • Sering adanya discount bagi pembeli tetapi tidak meruggikan penjualan
  • Adanya Sistem Payment Sistem
  • Adanya fitur-fitur yang memudahkan penjual melakukan penjualan.
  • Bukalapak sangat mudah diakses dalam melakukan pendaftaran akun, menjual, serta membeli barang.
  • Kejelasan akan tampilan kategori dan keterangan-keterangan yang lain membantu pengguna dengan mudah melakukan transaksi yang aman.
  • Website yang gampang ditemukan dengan mudah
  • Tampilan warna, tataletak serta fitur-fitur yang lain membuat bukalapak memiliki kertertarikan tersendiri dalam menarik konsumen.
  • Selalu memberika inovasi-inovasi terbaru yang dapat diakses oleh semua pengguna.
2. Kelemahan/Weakness
  • Karena Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung ke penjual ke tahan di rekening BukaLapak sehingga perputaran uang untuk penjual sedikit lama
  • Apabila ada customer yang memberika feedback negative akan berpengaruh pada reputasi penjual
  • Penggunaan bahasa indonesia yang menghambat bukalapak dalam Go Internasional.
  • Kurang penjelasan tentang nomor transaksi.
3. Peluang/Opportuity
  • Membuat inovasi dan diskon pada hari tertentu
  • Bisa menjangkau seluruh indonesia
  • Banyaknya penjual yang dapat menjaual barang nya
  • Jika para konsumen ingin memperluas bisnis  penjualanan online sangat membantu para konsumen salah satunya dengan menggunakan bukalapak dengan fitur-fitur serta inovasi-inovasi yang diberikan membantu konsumen untuk mendapatkan omset sesuai yang mereka inginkan karena berdasarkan survei saya melalui forum bukalapak banyak para konsumen yang sangat puas akan fitur-fitur yang diberikan serta proses jual – beli yang sangat menguntungkan bagi mereka (contoh: cepat mendapatkan pembelian.
4. Ancamam/Threats
  • Persaingan dengan situs jual beli lain yang hampir sama
  • Apabila tidak ada program dan inovasi akan tertinggal oleh situs jual beli yang lain


BLIBLI.COM




Analisa SWOT tentang blibli.com sendiri adalah sebagai berikut:

1.  Strength (Kelebihan)

  • Tak sekadar berjualan, situs ini menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan.
  • Situs Online Shopping ini, telah memakai sistem keamanan yang sudah mendapat sertifikasi dari VeriSign (merupakan sistem standar keamanan transaksi online di dunia, serta mitra perbankan yang terpercaya diseluruh dunia).
  • Situs Blibli.com ini memposisikan dirinya sebagai social e-commerce, yang mengusung tagline “assisting customer”, Yang artinya adalah Situs  Blibli.com membantu si pelanggan agar pelanggan tersebut dapat membantu pelanggan lainnya.
  • Situs Blibli.com ingin menempatkan dirinya sebagai sahabat bagi para pelanggan yang memberikan saran-saran terbaik dari para member yang dianggap oleh Situs Blibli.com ini dengan sebutan “friends”.
  • Sebagai online mall, Blibli.com juga mencoba menawarkan berbagai kemudahan bagi para pelanggan.
  • Dalam proses pembelian dan pembayaran, pelanggan juga selalu diberi kesempatan untuk mengonfirmasi kembali keputusannya untuk membeli. Kemudian ketika barang sedang kosong atau habis (out of stock), akan ada informasi kapan stok barang datang lagi. Dengan demikian pelanggan tidak putus asa dan berpindah ke “toko sebelah”.

2.  Weakness (Kekurangan)

  • Untuk metode pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit dari dua bank, yakni Bank Central Asia dan Bank Mandiri.
  • Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli untuk hal ini.
  • Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek kabar terbarunya.
  • Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama (saya menunggu 2 hari baru statusnya berubah sudah diambil kurir) tapi kelebihannya tampaknya ada standar packingnya. Pembelian hp yang saya sebutkan diatas menggunakan kotak kayu. Imbang lah, agak lama tapi barang aman.
3.  Opportunity (Peluang)
1. Memberikan keuntungan yang cukup besar.
2.  Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan
3.  Permintaan pasar dijaman yang modern ini semakin meningkat

4.  Threat (Ancaman)
1. Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
2. Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat.
3. Dalam era global seperti sekarang ini persaingan tidak hanya ada pada lingkup dalam negeri tapi seluruh dunia adalah pesaing kita.



Dari

Ni Komang Tri Agustina

15110111059

Prodi Manajemen
Universitas Dhyana Pura


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 11 E-Commerce - Isi Utama Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)

Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik  atau  Undang Undang nomor 11 tahun 2008  atau  UU ITE  adalah Undang-undang yang me...